Knowledge Management Second Week (Part 2 of 3)
Monday, November 16, 2009 | Author: vrey
SIM byk company uda punya. Maka skrg pada bergerak ke KM.

SECI Model (Nonaka), bagaimana proses dari tacit ke tacit, sampe ke explicit ke explicit.
  • Socialization -> bikin pertemuan rutin
  • Externalisasi -> dia uda tau, suru tuliskan
  • Combinasi -> baca tulis ulang, baca lagi tulis ulang lagi.
  • Internalisasi -> uda baca, coba praktekan

CKM Model
  • People
    Culture (kebiasaan) -> contoh training aslab dia kasi tanggungjawab untuk angkatan ini bertanggung jawab untuk satu angkatan dibawahnya. Contoh lain, untuk audit mereka menuntun agar setiap tahun dia harus belajar satu hal baru.
    Build a strong community of practices -> ketika punya team IT tersebar di perusahaan besar, maka satukanlah org2 yg punya pekerjaan yg sama.
  • Process -> Pikirkan gmn process nya supaya knowledge bisa pindah.
  • Technology (20%) -> pastikan KM anda, atau platform anda seperti apa, karena jk ada problem dan kita build ulang, maka user pasti ga akan mau entry ulang knowledge-nya lagi di aplikasi KM yang dulu.

HRM
  • Bicara mengenai proses dan system untuk setiap posisi.
  • Apa yg menjadi dasar untuk merekrut satu org?
  • Reward n punishment
  • Ketika punya structure HRD yg baik, ada key performance yg jelas, procedurnya jelas (ISO) merupakan titik awal punya KM.
  • Organisasi value org nya berdasarkan performance, competencies, dan individual development.

Organizational Structure
KM itu dipegang org HRD. IT cuma build aplikasinya doank. KM dimulai dari structural organisasi. Ini posisinya, dan ini pekerjaannya. Organizational structure di GE itu cuma 5level. Di level bawah pun diberi wewenang untuk ambil keputusan.
  • Functional structure itu berdasarkan fungsi2nya. ini terbukti lebih efisien, dan cost nya akan lebih kecil, karena org Asia itu fokusnya di cost.
  • Divisional structure, itu dibagi berdasarkan product, jadi kalo product ini rugi, maka dia akan tau product mana yang rugi. Ini byk dipake di Amerika, Eropa. Tiap product punya divisi2 tersebut.

Elemen struktur organisasi meliputi:
  • Flat structures
  • Transparent processes -> performance appraisal (tau napa dia KPI dia bagus, atau jelek).
  • Strong communal values
  • Balance individual and community -> individual itu penting, jika ada masalah dalam kluarga, maka kerjaannya juga akan ga beres.

Staffing
The right man on the right place. Siapkan career path untuk karyawan.
  • Orientation: Provide
  • Induction: Assist (menanamkan culture organisasi dia (kasi doktrin ke dia))
  • Acculturation: Adopt (Culture yg baik itu dibikin sejak organisasi masih kecil.)

Performance standard
Saya bilang kamu ok jika kamu bgini; hal ini yg harus dicapai setiap org. Kalo ingin merubah, maka harus bikin target, jika mreka memenuhi target, maka mreka dikasi reward.

Learning and development
Misalnya bikin lomba, maka sebelum peserta bikin kan pasti da mikirin sesuatu yg bagus, hal inilah yang sebagai nilai untuk perusahaan.

Organizational evaluation and review
Jgn sampai karyawan kita blajar sesuatu yg ga berguna. Tidak lagi organisasi berjalan sendiri, kita punya plan dan tau mau jalan kemana.
This entry was posted on Monday, November 16, 2009 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: